Rabu, 28 Juni 2017

Prosedur Pelayanan Administrasi Rumah Sakit



Prosedur Pelayanan Administrasi Rumah Sakit


1.      Prosedur Pelayanan Rawat Jalan
Pelayanan rawat jalan adalah salah satu bentuk dari pelayanan kedokteran. Secara sederhana yang dimaksud dengan perawatan rawat jalan adalah pelayanan kedokteran yang disediakan untuk pasien tidak dalam bentuk rawat inap (Azwar,1998).
Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No.66/ Menkes / II / 1987 yang dimaksud pelayanan rawat jalan adalah pelayanan terhadap orang yang masuk rumah sakit, untuk keperluaan observasi diagnose, pengobatan, rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainya tanpa tinggal diruang rawat inap dan pelayanan rawat jalan adalah 8 pelayanan yang diberikan di unit pelaksanaan fungsional rawat jalan terdiri dari poliklinik umum dan poliklinik spesialis serta unit gawat darurat.
Prosedur pelayanan rawat jalan adalah  :
  1. Pasien datang di bagian admisi dan diterima oleh petugas adm
  2. Petugas menanyakan apakah pasien tersebut merupakan pasien baru (pasien yang baru pertama kali berkunjung, tidak membawa kartu berobat dan kehilangan kartu) atau pasien lama,
Pasien baru, maka petugas pendaftaran mendaftar pasien sebagai berikut:
Ø  Petugas pendaftaran melengkapi formulir rekam medis penerimaan pasien baru dengan mewawancarai pasien tersebut
Ø  Petugas pendaftaran mencetak KIB (Kartu Identitas Berobat) dan IUP (Index Utama Pasien);
Ø  Petugas pendaftaran menyerahkan KIB kepada pasien;
Ø  Petugas pendaftaran membawa formulir rekam medis pasien kepoli / unit pelayanan yang dituju;
Ø  Petugas di unit pelayanan memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien;
Ø  Apakah pasien perlu dirujuk ke unit pelayanan penunjang yang lain?
Ø  Jika Ya petugas, maka petugas membawa formulir rujukan ke unit yang dituju;
Ø  Jika tidak, maka pasien / keluarganya dipersilahkan mengambil obat di bagian farmasi;
Ø  Kemudian petugas mempersilahkan pasien menyelesaikan administrasi pembayaran di kasir.
Pasien lama, maka petugas pendaftaran mendaftar pasien sebagai berikut:
Ø  Petugas menerima dan meneliti kartu identitas berobat pasien;
Ø  Petugas pendaftaran mendaftar pasien sesuai dengan pelayanan yang akan dituju dengan mewawancarai pasien tersebut;
Ø  Petugas membuat tracer berdasarkan KIB pasien
Ø  Petugas mengambil berkas rekam medis pasien ke Filing sesuai dengan tracer tersebut.