Sabtu, 01 April 2017

Pelayanan Gawat Darurat yang Baik

yozirafia20@gmail.com

Pelayanan Gawat Darurat yang Baik

1. Pengertian pelayanan gawat darurat
Gawat Darurat adalah keadaan klinis pasien yang membutuhkan tindakan medis segera guna penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan lebih lanjut. Menurut Azrul (1997) pelayanan gawat darurat (emergency care) adalah bagian dari pelayanan kedokteran yang dibutuhkan oleh penderita dalam waktu segera (imediately) untuk menyelamatkan kehidupannya (life saving).
Sistem pelayanan yang diberikan menggunakan sistem triage, dimana pelayanan diutamakan bagi pasien dalam keadaan darurat (emergency) bukan berdasarkan antrian.
2. Tujuan Pelayanan gawat darurat
a.       Memberikan pelayanan komunikatif, cepat dan tepat selama 24 jam terus menerus
b.      Tercapainya suatu pelayanan kesehatan yang optimal, terarah dan terpadu bagi setiap anggota masyarakat yang berada dalam keadaan gawat darurat
c.        Mencegah kematian dan cacat pada pasien gawat darurat sehingga dapat hidup dan berfungsi kembali dalam masyarakat sebagaimana mestinya.
d.      Menerima dan merujuk pasien gawat darurat melalui sistem rujukan untuk memperoleh penanganan yang lebih
e.        Melakukan penanggulangan korban musibah masal dan bencana yang terjadi dalam maupun diluar rumah sakit
3. Kriteria pelayanan gawat darurat
a.       Pelayanan harus 24 jam
b.      Pelayanan pasien yang tidak darurat tidak boleh mengganggu pelayanan pasien gawat darurat
c.       Unit gawat darurat harus membatasi diri
d.      Unit gawat darurat menyelenggarakan pendidikan pelatihan penanggulangan keadaan gawat darurat untuk pegawai/perawat RS dan masyarakat sekitarnya
e.       Harus diselenggarakan penelitian yang berhubungan dengan fungsi UGD dan unit kesehatan masyarakat
4. prinsip-prinsip pelayanan gawat darurat
Prinsip pada penanganan penderita gawat darurat harus cepat dan tepat serta harus dilakukan segera oleh setiap orang yang pertama menemukan/mengetahui (orang awam, perawat, para medis, dokter), baik didalam maupun diluar rumah sakit.
Kondisi gawat darurat dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Gawat darurat
Suatu kondisi dimana dapat mengancam nyawa apabila tidak mendapatkan pertolongan secepatnya.
b. Gawat tidak darurat
Suatu keadaan dimana pasien berada dalam kondisi gawat tetapi tidak memerlukan tindakan yang darurat.
c. Darurat tidak gawat
Pasien akibat musibah yang datang tiba-tiba tetapi tidak mengancam nyawa atau anggota badannya
d. Tidak gawat tidak darurat
Pasien poliklinik yang datang ke UGD
Prinsip dari triage yang baik :
1. Triase harus cepat dan tepat
Kemampuan untuk merespon secara cepat, terhadap keadaan yang menganca nyawa merupakan suatu yang sangan penting pada bagian kegawatdaruratan
2. Pemeriksaan harus adekuat dan akurat
Akurasi keyakinan dan ketangkasan merupakan suatu element penting pada proses pengkajian
3. Keputusan yang diambil berdasarkan pemeriksaan
Keamanan dan keefektifan perawatan pasien hanya dapat direncanakan jika ada informasi yang adekuat dan data yang akurat
4. Memberikan intervensi berdasarkan keakutan kondisi
Tanggungjawab utama dari perawat triase adalah untuk mengkaji dan memeriksa secara akurat pasien, dan memberikan perawatan yang sesuai pada pasien, termasuk intervensi terapiutik, prosedur diagnostic, dan pemeriksaan pada tempat yang tepat untuk perawatan
5. Kepuasan pasien tercapai

  •  Perawat triase harus melaksanakan prinsip diatas untuk mencapai kepuasan pasien

  •  Perawat triase menghindari penundaan perawatan yang mungkin akan membahayakan kesehatan pasien atau pasien yang sedang kritis

  •  Perawat triase menyampaikan support kepada pasien, keluarga pasien, atau teman




5. Alur pelayanan gawat daruratan
                       


 Referensi :
Keputusan Menteri Kesehatan No. 856/ Menkes/ SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit
Department Emergency Hospital Singapore, 2009





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prosedur Pelayanan Administrasi Rumah Sakit

Prosedur Pelayanan Administrasi Rumah Sakit 1.       Prosedur Pelayanan Rawat Jalan Pelayanan rawat jalan adalah salah satu bent...